Saturday, October 29, 2011

Pemyakit Mata Karena Kelainan Refleksi

Sering kita jumpai di masyarakat yang mengatakan bahwa dia memakai kaca mata minus, ada yang minus 1, 2, bahkan sampai 7. Ada pula yang mengatakan kalau memakai kaca mata plus dan kacamata silinder. sebenarnya yang dipakai oleh orang tersebut itu kondisi matanya bagaimana ? sampai harus memakai kacamata tersebut.

Mata rabun
Refleksi sinar di mata


Berikut ini adalah penyakit mata yang disebabkan oleh Kelainan Refleksi sehingga seseorang yang mengalami hal tersebut harus memakai kacamata agar penglihatannya normal :

1. Miopia atau sering disebut dengan Mata Minus atau Rabun Jauh
Penderita Miopia akan mengalami penglihatan buram pada saat melihat jarak jauh sedangkan untuk jarak dekat bisa melihat dengan jelas. makin dekat jarak yang bisa dilihat maka minus nya makin besar. penyebabnya fokus bayangan yang diterima oleh mata ada didepan retina mata karena lensa mata terlalu cembung. penanggulangan dari kondisi ini bisa menggunakan kacamata cekung ( kacamata minus ) sehingga bayangan benda akan teapt jatuh ke retina mata



2. Hipermetropia atau mata Plus atau Rabun Dekat
Penderita Rabun dekat, tidak dapat melihat dengan jelas benda pada jarak dekat sedangkan pada jarak jauh bisa melihat dengan jelas.kelainan mata ini adalah kebalikan dari Miopia. penyebab kelainan ini adalah lensa mata terlalu cekung sehingga bayangan benda ada dibelakang retina mata. penanggulangan dari penyakit ini adalah dengan memakai kacamata plus.



3. Astigmatisme atau Mata Silinder
Penyakit Mata ini disebabkan fokus benda yang dilihat terpecah menjadi 2 bayangan. mengapa demikian ? karena lengkung datar kornea dan lengkung tegak kornea tidak simetris. contoh paling sederhana pada lengkungan sendok. pada sendok lengkungan di dasar dan di pinggir tidak sama sehingga apabila menerima pantulan benda maka benda akan terlihat seperti dua. Penderita ini bisa menggunakan kacamata Silinder



4. Gabungan antara Miopia dan Hipermetropia
Kondisi ini si penderita tidak bisa melihat dengan jelas benda pada jarak dekat dan jarak jauh. dia hanya bisa melihat benda dengan jelas pada jarak tertentu saja. Biasanya penyakit ini diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. karena memang kondisi mata sudah mulai menurun. Penanggulangan dari penyakit ini bisa menggunakan kacamata kombinasi lensa Cekung dan cembung. Lensa cekung ada diatas untuk melihat jarak jauh dan lensa cembung ada dibawah untuk melihat jarak dekat ( membaca )

1 comment: