Tuesday, March 20, 2012

Daftar makanan penting untuk kesehatan mata

Mata adalah panca indera yang sangat penting bagi manusia. Kita tidak bisa membayangkan jika panca indera ini tidak berfungsi, dunia akan terasa gelap gulita. Keindahan alam tidak bisa lagi dinikmati dengan sempurna. Pada masa modern ini, kegiatan kita sehari hari sangat dekat dengan sesuatu yang membuat mata kita lelah seperti menonton televisi, bekerja di komputer, main video games dan lain lain. kalau kita tidak bisa menjaganya maka mata kita akan sakit bisa berupa mata minus ( tidak bisa melihat jarak jauh) atau mata plus ( tidak bisa melihat jarak dekat, bahkan bisa juga katarak.
Makanan untuk kesehatan mata
Menjaga mata agar tetap sehat sangat penting sekali. Berikut ini adalah makanan yang dapat digunakan untuk menjaga mata kita agar tetap sehat :

1. Bawang putih
jenis Tumbuhan ini mengandung nutrisi mata seperti vitamin C dan quercetin.

2. Ikan salmon
Ikan Salmon ini mengandung omega-3 asam lemak, zat ini sangat penting untuk kesehatan mata secara keseluruhan. disamping itu Ikan salmon banyak mengandung asam folat, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

3. Tomat
Tomat mempunyai kandungan vitamin C dan lycopene, kedua nutrisi ini juga penting untuk mata

4. Biji Bunga Matahari
sebutan lain dati Biji bunga matahari adalah kwaci. kwaci mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah orang dari penyakit katarak

 5. Bayam
Sayuran sangat populer di masyarakat karena harganya murah dan banyak dijumpai di passar tradisional. Bayam mengandung Vitamin A, lutein dan zeaxathin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata.

6. Kubis sama dengan bayam, kubis juga banyak dijumpai di pasar tradisional dan harganya murah. kubis mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxathin.

7. Wortel
Wortel sudah sangat populer untuk kesehatan mata karena banyak mengandung vitamin A

8. Brokoli
Brokoli juga sangat baik untuk mata karena sumber vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

9. Telur
Telur juga sangat penting bagi mata karena mengandung zat seperti vitamin A, Zinc, lutein, lesitin, B12, vitamin D, dan sistein.

Dari daftar diatas bisa anda gunakan untuk konsumsi sehari hari agar mata anda dapat terjaga kesehatannya. Jika anda mempunyai makanan lain yang dapat membuat mata kita sehat, saya sangat senang jika anda bisa komentar disini

1 comment:

  1. mantaf artikelnya, sngat bermanfaat buat ku, kebetulan mataku min, pake kacamata, smg dengan makanan ini bisa normal kembali. salam kenal..

    ReplyDelete