Wednesday, March 28, 2012

Mata Buta Karena Mengucek Mata

Mengucek Mata adalah kebiasaan buruk manusia jika mengalami gangguan di mata. Memang kita berharap dapat segera sembuh dengan melakukan hal itu apabila mata terasa perih akibat ada benda asing yang masuk mata kita. Kadang kala dengan melakukan hal tersebut rasa tidak enak di mata bisa dihilangkan, tetapi perlu hati hati. Mengucek Mata yang tidak benar dapat mengalami kebutaan mata.


 Berikut ini sebuah penelitian di australia mengenai akibat dari mengucek mata.

Sebuah studi di Australia menghasilkan bahwa kebiasaan buruk mengucek mata bisa menyebabkan penyakit glaukoma atau kebutaan. Menurut ahli mata profesor Charles McMonnies " mata adalah organ tubuh kita yang paling sensitif, dengan melakukan gosokan ke mata sehalus mungkin dapat menyebabkan kebutaan. Ada beberapa kegiatan juga menyebabkan kebutaan yaitu pemakaian kacamata renang dan tidur menelungkup.

"Setiap sentuhan pada kelopak mata, bisa menyebabkan tekanan pada mata. Sentuhan ringan menambah sedikit tekanan sedangkan sentuhan yang kuat bisa menyebabkan peningkatan tekanan 3-5 kali dari tekanan normal," Seperti yang dikutip oleh McMonnies yang dikutip dari The Medical News, Minggu (19/7/2009).

McMonnies menganjurkan agar setiap orang hendaknya berhati-hati dalam menyeka mata saat berair, atau ketika membersihkan Riasan Mata.

Jadi mulai sekarang anda harus lebih berhati hati dalam mengucek mata.


No comments:

Post a Comment