Sunday, April 15, 2012

Daftar Penyakit Mata Bayi yang perlu di waspadai

Penyakit mata bayi menjadi salah satu hal biasa pada seorang bayi. Namun demikian penyakit mata pada bayi jangan juga dianggap enteng, bahkan beberapa penyakit mata pada bayi bisa berakibat fatal pada bayi tersebut di kemudian hari. Penyakit ini bisa berasal dari bawaan atau turunan dan bisa karena bukan turunan. Sehingga para orang tua perlu memantau kondisi mata bayi sejak dini agar tidak berkembang menjadi lebih buruk.

penyakit mata bayi
Penyakit mata pada bayi


Beberapa penelitian menunjukkan ternyata penyakit mata pada bayi tidak sedikit, sampai saat terdapat 10 macam penyakit mata pada bayi yang terdeteksi oleh para ahli mata.

1. BUFTHALMUS

Penyakit Bufthalmus disebabkan oleh tekanan pada bola mata yang tinggi sejak lahir, menyebabkan ukuran bola mata bayi menjadi besar,
Akibat dari penyakit Bufthalmus
a. Mengganggu kornea mata
b. Efek anak menjadi takut dengan cahaya
c. Menimbulkkan gangguan kelopak 
d. Kornes membengkak
e. Warna Kornea mata menjadi keruh
Cara menanggulangi penyakit Bufthalmus
a. Melakukan pengurangan cairan bola mata, dengan cara operasi sayatan ( goniotomy ) sesegera mungkin agar tidak berkembang menjadi lebih parah pada penglihatan mata bayi.

2. KATARAK MATA
Ternyata penyakit katarak tidak hanya terjadi pada usia tua, seorang bayipun bisa mengidap penyakit katarak. Namun penykit Katarak pada bayi lebih disebabkan karena faktor keturunan. penyebab utama dari sang ibu yang saat mengandung mengidap penyakit infeksi campak jerman, toxoplasmosis, atau kencing manis.

Cara penanggulangan Katarak pada bayi
Melakukan operasi refleks fundus mata secara total agar perkembangan mata menjadi normal. Biasanya operasi ini dilakukan saat bayi umur 2 tahun. Jika tidak segera di obati bisa menyebabkan mata juling atau mata tidak normal

3. RABUN JAUH ATAU MATA MINUS

Penyakit mata rabun jauh banyak ditemui disekitar kita. penyakit ini disebabkan karena lensa mata kita terlalu cembung sehingga arah cahaya yang masuk tidak tepat pada fokus mata, tetapi berada didepat titik fokus mata. untuk lebih jelasnya bisa dibaca rabun jauh disini

4. MATA JULING
Mata Juling sebagian besar karena bawaan dari lahir, Mata juling ada yang berat dan ada yang ringan yang disebabkan oleh kelainan syaraf bola mata, sehingga sumbu bola mata tidak normal.
Mata juling bisa di obati dengan cara operasi, lebih lengkap seputar mata juling bisa dibaca disini

5. BUTA WARNA
Buta warna adalah salah satu penyakit keturunan. Pasien tidak dapat menangkap warna tertentu sehingga warna benda yang dilihat tidak persis sama dengan warna sesungguhnya. Kebanyakan buta warna terdapat pada laki laki dibanding perempuan. Sudah dilakukan pengetesan di jepang untuk menyembuhkan buta warna dengan cara mengganti sel sel kerucut pada retina, tetapi belum ada kabar tentang keberhasilan dari proyek tersebut. Buta warna
 
6. GLAUKOMA
Penyakit mata Glaukoma disebabkan oleh tekanan bola mata yang tinggi, sehingga menimbulkan kerusakan pada saraf mata dan retina. Meningginya tekanan pada bola mata disebabkan adanya aliran cairan di bola mata yang bersifat bawaan. Akibat dari penyakit ini menimbulkan rasa nyrei yang hebat pada bola mata dan kepala. disamping itu mata kelihatan merah. pada tingkatan berat mengakibatkan gangguan penglihatan. solusi dari penyakit ini adalah dengan pengobatan, tetapi jika tidak mempan bisa dilakukan dengan pembedahan.


7. PTOSIS
Ptosis lebih dikenal dengan nama "mata ngantuk", Si penderita seperti merasa ngantuk terus. Kelopak mata bagian atas tidak dapat membuka sepenuhnya sehingga kelopak turun sebab otot kelopak mata lemah.
Untuk menanggulangi Ptosis dilakukan dengan pembedahan.

8. INFEKSI MATA
Infeksi pada mata yang sering kita jumpai adalah penyakit mata merah. penyakit ini bisa disebabkan oleh bibit penyakit, seperti visrus, jamur, kuman,  parasit. atau karena alergi sesuatu, bisa dari luar tubuh seperti zat kimia atau dari dalam seperti penyakit TBC dan Penyakit kelenjar getah bening.
Infeksi mata bisa diobati dengan obat tetes mata.

9. RETINOBLASTOMA
 Penyakit ini juga berbahaya karena adanya tumor ganas di bola mata yang dibawa sejak lahir. Gejalanya mata bisa menjadi juling mendadak, sering merah, gaucoma, dan sering ganti kacamata.
Solusi tidak lain harus operasi di rumah sakit mata.

10. KEKURANGAN VITAMIN A
kekurangan vitamin A adalah hal yang mendasar dari penyakit mata. Akibat yang ditimbulkan rabun senja, mata menjadi kering, kornea mata menjadi rusak. solusi hanya satu yaitu konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti susu, ikan, sayur hijau.

Demikian 10 penyakit mata yang diderita oleh bayi, semoga bermanfaat bagi anda.

2 comments:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete
  2. Mau nanya, kira kira penyebabnya apa ya,, matanya sejak lahir berwarna biru, tp setelah berumur 2 tahun, mata sebelahnya berubah jadi coklat, trus pertumbuhannya juga klo menurut saya kurang Normal,

    ReplyDelete